Begini Langkah Budidaya Hidroponik di Tempat Sempit

Janganlah menduga budidaya hidroponik memerlukan cost pembuatan yang mahal dan beberapa bahan yang susah didapat.  Tidak butuh merogoh kantong sangat dalam untuk budidaya hidroponik. Botol plastik sisa juga dapat digunakan sebagai wadah dengan kata lain media tanam pengganti tanah.  Budidaya hidroponik makin tenar karena ideal untuk orang-orang yang tinggal di apartemen ataupun tempat tinggal tapak yg tidak mempunyai tempat terbuka sempit. Layout-nya juga dapat sesuai dengan pola ruang, baik dengan cara vertikal ataupun horizontal.  Menyoal tanaman yang bakal dibudidayakan, Anda dapat beli bibit sayuran seperti selada, sawi, caisim, kemangi, paprika, dan tomat cabe.  Yang mengasyikkan dari budidaya ini yaitu hasil panennya kelak dapat di nikmati oleh semua anggota keluarga, hingga bisa sedikit menghemat pengeluaran berbelanja keperluan dapur. Untuk bikin hidroponik relatif tak susah bahkan juga dapat dikerjakan oleh siapapun.

Bahan serta alat yang butuh disiapkan mencakup :

  • Bibit sayuran
  • Air bersih Botol sisa air minum paket
  • Gunting atau pisau Rockwool (saksikan misalnya dibawah)
  • Arang sekam serta sabut kelapa
  • Nutrisi hidroponik*
  • Sumbu kompor minyak, kain sisa, kain flanel dan kapas
  • *Larutan nutrisi terbuat dari urea 1000 gr, KCL 1000 gr, pupuk NPK 100 gr serta pupuk daun atau gandasil 50 gr.

Cara membuat 

  1. Potong botol sisa air mineral jadi dua sisi.
  2. Lubangi selebar 1 cm botol sisi atas serta bawah untuk mempermudah pemberian larutan nutrisi.
  3. Tetapkan tehnik apa yang bakal diambil.
  4. Opsinya pada tehnik umum atau tehnik sumbu serta apung yang lebih praktis dalam soal pemberian nutrisi.  Apabila pilih tehnik apung, jadi bukalah tutup botol sisa itu supaya jadi jalan akar menuju larutan nutrisi Sesaat untuk tehnik sumbu, buat lubang di dalam tutup botol sisa dengan paku.
  5. Lantas, gunakan sumbu dengan kapas atau kain sisa.
  6. Setelah itu, tujukan botol dengan cara terbalik, dengan posisi tutup botol ada dibawah.
  7. Isi botol itu dengan sabut kelapa, arang sekam, serta kerikil dalam sisi botol atas yang terbalik   Sesudah media tanam sudah siap, langkah setelah itu yaitu penyemaian, perawatan, serta pemanenan.

Pada dasarnya, tahapannya meliputi ;

Semaikan benih pada rockwool Sesudah benih tumbuh serta siap dipindahkan, tempatkan benih pada tempat menanam botol Apabila tak memakai tehnik apung atau sumbu, siramkan larutan nutrisi ke tanaman saat pagi serta sore hari. Sesaat untuk tehnik apung serta sumbu, cuma dibutuhkan perhatian teratur supaya tanaman tak terserang gulma.  Letakkan tanaman di ruang yang terserang cahaya matahari cukup, tetapi janganlah dengan cara segera serta menyengat.  Saat panen sekitaran 30 hari sesudah penanaman awal. Walau demikian keadaannya bergantung dari type bibit sayuran apa yang ditanam.   Selamat coba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s